Rabu, 07 Januari 2009

siapa itu EROSS CHANDRA ??

Eross Chandra

BIODATA

Nama : Eross Chandra

Lahir : Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 3 Juli 1979

Agama : Islam

Pendidikan :

  • SD Percobaan I Yogya (1991)
  • SMP Negeri 13 Yogya (1994)
  • SMA Negeri Muhamadiyah I Yogyakarta (1997)

Karir :

  • Pemusik, Gitaris Grup Band Sheila on Seven
  • Pencipta Lagu Untuk Beberapa Musisi Lain

BIOGRAFI

Berangan-angan menjadi seorang jago kung fu seperti Bruce Lee, Eross Chandra pernah berlatih taekwondo selama beberapa tahun. Tapi karena badannya yang terlalu kecil, setiap bertarung ia selalu kalah. Eross Chandra, pendiri dan personil grup band Sheila on Seven. Prestasi Eross di sekolah juga tidak terlalu bagus. Akhirnya ia mengikuti jejak ibu dan ayahnya. Ibunya, Titien Hastuti, penyanyi rock tahun 1980-an, sedangkan almarhum ayahnya, semasa hidupnya adalah seorang pemain saksofon dan piano.

Sejak kecil, Eross memang menyukai musik, terutama lagu-lagu Bon Jovi. Sulung dari dua bersaudara ini juga begitu terpesona akan penampilan gitaris grup Bon Jovi. Dari kekaguman ini, Eross kecil lalu menyimpulkan bahwa mampu bermain gitar itu keren dan disukai wanita. Tidak hanya berkhayal, ia benar-benar belajar bermain gitar ketika di kelas 2 SMP. Selama tiga bulan, ia berlatih gitar klasik pada seorang pamannya. Setelah itu ia mengembangkan sendiri permainan gitarnya. Bersama teman-teman sekolahnya, ia sering berpentas di kampus-kampus.

Kecuali ibunya, pihak keluarga tidak mendukung Eross bermain band. Mereka sangat mengkhawatirkan sekolahnya. Pada akhirnya, Eross memilih keluar dari Modern School of Design, Yogyakarta. Sebelum membentuk grup Sheila on Seven pada Mei 1996, Eross mempunyai grup band Dizzy. Tempat latihannya dekat dengan rumah ayahnya, yang sejak bercerai dengan ibunya, tinggal di Yogyakarta sebelah utara. Agar dekat dengan tempat latihan, Eross pun tinggal bersama ayahnya, sementara ibunya mengontrak rumah di Yogyakarta selatan. Akhirnya Eross bertemu dengan anak-anak SMU yang juga suka bermain musik di dekat rumah ayahnya. Duta (vokal), Adam (bas), Sakti (gitar), dan Anton (drum). Mereka pun sepakat membentuk grup band "Sheila on Seven", yang berasal dari nama seorang teman mereka. Lagu-lagunya pertama kali diputar di sebuah stasiun radio di Yogyakarta.

Personil Sheila on 7 sudah siap mental. Bahkan ketika pertama kali datang ke Jakarta untuk rekaman, mereka tidur di studio, yang pintunya dikunci dari luar. Di Sheila on Seven, Eross bisa dibilang menjadi motor grup musik tersebut. Semua lagu di album pertama dan kedua adalah ciptaan Eross. Salah satunya, Sephia, dinobatkan menjadi lagu terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 1999 dan 2001. Penjualan album tersebut, untuk pertama kalinya dalam industri musik Indonesia, menembus ke angka lebih dari satu juta keping dalam waktu yang relatif singkat. Album pertama terjual 1,3 juta keping, dan album kedua berjudul Kisah Klasik untuk Masa Depan, laku 1,7 juta keping. Oleh Yayasan Karya Cipta Indonesia, Eross dinobatkan sebagai peraih royalti terbesar tahun 2002.

1 komentar: